Warning: Use of undefined constant ‘1’ - assumed '‘1’' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /var/home/cupliest/public_html/wp-content/plugins/easy-visitor-counter/index.php on line 215
Hasil Forum Diskusi Dinas Tata Kota Bekasi – IAI Bekasi : Kolaborasi Mewujudkan Kota Bekasi yang Lebih Baik – Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Bekasi

Hasil Forum Diskusi Dinas Tata Kota Bekasi – IAI Bekasi : Kolaborasi Mewujudkan Kota Bekasi yang Lebih Baik

/, Events, Kegiatan/Hasil Forum Diskusi Dinas Tata Kota Bekasi – IAI Bekasi : Kolaborasi Mewujudkan Kota Bekasi yang Lebih Baik

Hasil Forum Diskusi Dinas Tata Kota Bekasi – IAI Bekasi : Kolaborasi Mewujudkan Kota Bekasi yang Lebih Baik

Pada 24 November 2016, tepat pukul jam 17.00 WIB. Semua sudah berkumpul di Ruang Konferensi Hotel Merapi Merbabu, dihadiri oleh Kepala Dinas Tata Kota Bekasi, serta Staff dan Pegawai dari Dinas Tata Kota yang ikut serta dalam forum diskusi sore itu. Anggota IAI Bekasi pun banyak yang menyempatkan diri dalam forum ini.

 

whatsapp-image-2016-11-25-at-6-50-26-am

 

Forum dibuka mengenai penjelasan perkembangan transformasi Kota Bekasi menjadi Smart City. Smart City yang diusung oleh kota Bekasi adalah sistem yang mampu mengefisiensi sumber daya kota, yaitu manusia, regulasi dan tata kelola sehingga mewujudkan  kota yang bisa memfasilitasi warganya untuk penyampaian aspirasi melalui teknologi media sosial yang bernama “SOROT” atau “Smart City on the Spot”. Media ini menjadi tempat penyampaian aspirasi warga Kota Bekasi agar dapat ditindak lanjuti oleh tim reaksi cepat yang diusung oleh SKPD yang bersangkutan sesuai aduan yang di sampaikan di SOROT. Aplikasi lainnya yang telah dibuat adalah mengenai bidang kesehatan, early warning debit air, pengelolaan sampah hingga fitur smart parking pada aplikasi.

Hal menarik adalah disebutkan bahwa sedang dikembangkan aplikasi untuk kepengurusan perizinan bangunan secara online. Jadi warga bisa mendapatkan informasi secara online, bisa mengurus perizinan bangunan secara online, serta tracking progress pengurusan perizinan. Semua ini berdasarkan database tata kota serta data lahan yang terdaftar di Kota Bekasi.

Hal menarik lain adalah adanya rencana untuk pengadaan aeromoval public transportation, yang akan melayani mobilitas dalam kota di Kota Bekasi. hal ini diwujudkan demi efisiensi dan juga kebutuhan mobilitas kota yang tinggi sesuai dengan perkembangan kita yang pesat.

 

smart-cities

 

 

Semua ini diwujudkan tentu bukan tanpa hambatan. Hambatan yag utama adalah banyaknya regulasi yang belum sesuai untuk mendukung pengaplikasian sistem smart city di Kota Bekasi. Hambatan lainnya adalah apabila semua sistem ini telah disediakan oleh pemerintah Kota Bekasi. Sosialisasi kepada masyarakat untuk memanfaatkan serta mendukung sistem ini menjadi kendala karena banyak yang belum tau maupun belum ada yang bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Disinilah peran Ikatan Arsitek Indonesia – Bekasi dimulai yaitu turut berperan serta dalam mensosialisasikan sistem yang sangat bagus ini. Dan juga ikut berpartisipasi untuk secara maksimal memanfaatkan semua sistem yang telah disediakan oleh pemerintah kota agar tidak mubazir. Para anggota IAI pun juga memberi masukan agar sosialisasi sistem Smart City ini juga di sampaikan oleh komunitas yang tersebar di Kota Bekasi. Namun menurut arsitek bekasi, ruang terbuka untuk mengakomodir kebutuhan komunitas harus disiapkan agar sosialisas bisa berjalan lebih baik. Hal ini dapet diwujudkan dengan membuat Ruang Terbuka Hijau yaitu taman taman yang bertemakan sesuai dengan kebutuhan komunitas. Taman ini pun akan menjadi ruang yang positif dan bukan lagi menjadi masalah tetapi menjadi solusi kota. Ruang terbuka hijau yang berpotensi di Kota Bekasi ada sejumlah 730 taman yang bisa diolah menjadi taman tematik seperti yang sudah dibuat oleh kota kota yang mengusung Smart City lainnya.

 

uug6llxwdlemjl0u24db

 

Ikatan Arsitek Indonesia – Bekasi dan  Dinas Tata Kota pun sepakat untuk bekerja sama untuk  membantu memetakan dan menggali 730 tema taman yang sesuai dengan komunitas yang berada di Kota Bekasi yang sangat beragam. Sebuah tantangan yang besar namun menyanjung kami anggota IAI Bekasi karena dipercayakan untuk turut mewujudkan Kota Bekasi yang akan dipenuhi oleh taman tematik.

Tak terasa sudah habis waktu yang tersedia dan kami pun mengakhiri forum diskusi yang sangat intens dan menarik. Semoga impian pemerintah Kota Bekasi dan kami Arsitek Bekasi untuk menjadikan Kota Bekasi menjadi tempat yang lebih nyaman lagi untuk ditinggali bisa menjadi terwujudkan.

Terima kasih pun kami ucapkan kepada Dinas Tata Kota Bekasi yang sudah menyediakan tempat yang baik dan waktu berharganya untuk bersama sama membuat Kota Bekasi menjadi lebih baik lagi.

 

logo-iai

By | 2018-03-20T20:58:13+00:00 November 25th, 2016|Arsitektur, Events, Kegiatan|0 Comments

About the Author:

Architecture is a race.

Leave a Reply